KOMPONEN - KOMPONEN HARD DISK



Saya akan coba berbagi  komponen-komponen hardisk,seperti yang kita tahu bahawa di dalam komputer PC / Laptop /notebook/netbook pasti didalamnya ada yang bernama HARD DISK. 

PENGERTIAN HARD DISK, Hard disk adalah salah satu device media penyimpanan data (storage) dalam sebuah computer yang yang kapasitasnya berbeda-beda dan juga tersedia dalam bentuk external memori(HARD DISK EKTERNAL) dan berikut adalah penjelasan komponen-komponen hardisk KOMPONEN HARD DISK

1.Plater (Piringan logam yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan data,jumlah piringan tersebut beragam molai dari 1-2-3 atau lebih,dan piringan tersebut terlapisi bahan magnetis yang sangat tipis (ketebalannya dalam orde persejuta inci)

2.Head Berupa kumparan yang secara umum berfungsi sebagai proses baca dan tulis pada hardisk yang menggunakan head yang sama atau head di tiap sisi platter.untuk hardisk dengan 2 platter dapat memliki sampai 4 head,hardisk dengan 3 platter dapat memiliki 6 head dan dengan kata lain utuk 1 platter memiliki 2 head yang mengapit.

3.PCB (Printed Circuit Board) atau rangkaian elektronik Merupakan penguat untuk pembacaan(read preamplifier) yang di perlukan karena siyal dari head dan piringan/platter sangat lemah.

4.DSP(Digital Signal Prosesor) berfungsi mengubungkan sinyal-sinyal digital,seperti konfersi sinyal listrik yang dating menyadi sinyal digital yang akan dituliskan ke piringan/platter.

5.Chip memory,digunakan sebagai chace buffer.Konektor untuk melakukan komunikasi dengan CPU,untuk hard disk dengan Socket IDE jumlahnya 40pin.

6.Spindel dan aculator arm motor controller,untuk mengontrol putaran pringan dan perletakan head baca/tulis.

Motor dari  hard disk berfungsi sebagai pemutar piringan /platter.pada saat computer di hidupkan motor ini mulai bekerja dan berbunyi suara yang khas,apabila suara hard disk ini tidak biasa kemungkinan hardisk motor sudah tidak normal.Berikut  sedikit gambaran komponen-komponen hardisk 
Next Post Previous Post