Cara membuat DATA BASE MELALUI COMMAND PROMP /CMD

Membuat database MySql di Xampp dengan CMD (Command Prompt) - memang sedikit sulit dibandingkan membuat database langsung menggunakan browser karena disitu sudah menggunakan mode GUI (Graphical User Interface) tanpa harus mengetikan perintah maupun SQL. Agak sedikit perbedaan pembuatan database lewatCMD pada Xampp dengan AppServ, karena pada xampp tidak perlu menggunakan password melainkan hanya username. Langsung saja kita lihat cara membuatan database MySql di Xampp dengan CMD.

Patikan Xampp sudah ter-install dengan baik dan bisa dijalanjakan dibrowser,  apakah sudah berjalan dengan mengetikan “localhost/phpmyadmin” kemudian Enter pada address bar seperti berikut.


Membuat Database MySQL dengan CMD

Jika sudah berjalan seperti diatas kita buka CMD melalui Start – All Programs – Accessories – Command Promp atau dengan shortcut tombol WINDOWS+R kemudian ketikan “CMD” tanpa tanda kutip kemudian ENTER setelah itu akan tampil sebagai berikut.

Karena Xampp agak sedikit berbeda dengan AppServ, pada AppServ tidak perlu buka directory langsung mengetikan “”. Karena kita menggunakan Xampp jadi buka directory locasi Xampp yang terinstal biasanya terdapat d local dengan perintah “cd c:xamppmysqlbin” kemudian Enter maka akan tampil sebagai bekikut.
Kemudain kita ketikan perintah “mysql –u root” kemudian Enter untuk mengakses ke database pada xampp, peredaan satu lagi jika di Xampp tidak perlu masukan password tapi pada AppServ harus memasukan password seperti berikut “mysql –u root –p pass_appserv”. Jika sudah maka akan tampil sebagai berikut.
Keterangan : mysql (database mysql), -u (user dengan nama user root).

Setelah itu kita buat database, misal nama databasenya adalah dbsekkolah dengan perintah “create database dbsekolah;” kemudian Enter jika berhasil ada keteranganQuery OK sebagai berikut.

Kemudian kita cek database yang kita buat tadi sudah ada apa belum dengan perintah“show databases;” kemudian Enter dengan tampilan sebagai berikut.

Membuat Table MySQL di CMD

Selum membuat tabel kita gunakan atau panggil database yang akan dibuat tabel karena kita menggunakan database dbsekolah maka dengan perintah “use dbsekolah;” kemudian Enter, jika berhasil ada keterangan Database change,kemudian buat tabel dengan contoh struktur yang biasa digunakan.
create table “nama_tabel”(“nama_field” “tipe_field” “(panjang_data)”);   tanpa tanda kutip.
Misal namanya tblsiswa kita gunakan perintah diatas sebagai berikut “create table tblsiswa(nim char(8), nama varchar(50), alamat varchar(50));” kemudian Enterjika berhasil ada keterangan Query OK untuk leih jelas lihat gamar diawah ini.

Sekarang kita liat table yang sudah kita buat dengan perintah “describe tblsiswa”kemudian Enter dan menampilkan tabel yang terdapat di suatu database denga perintah “show tables from dbsekolah;” maka akan tampil sebagai berikut.

Sekarang kita tinggal isi record pada tabel tblsiswa dengan perintah “insert into tblsiswa(‘10001’,’Wadi Nuryadi’,’XII TKJ 1’);” kemudian Enter. Jika ingin menambahkan sama perintahnya tinggal ganti recordnya, kemudian kita tampilkan record yang sudah kita buat dengan perintah “SELECT * FROM tblsiswa;” kemudianEnter.

Semoga bermanfaat artikel tentang Membuat database MySql di Xampp dengan CMD semoga bermanfaat buat anda.

SUMBER www.wadinuryadi.com
Next Post Previous Post