Langkah awal untuk jadi pengusaha !! Tentukan masa depanmu

Bagaimana langkah menjadi pengusaha ??



Setelah pola piker kita /Mindset kita sudah menjadi pengusaha atau ingin menjadi seorang pengusaha maka hal yang terpenting untuk menjadi seorang pengusaha adalah “do it” atau lakukan.


langkah awal untuk jadi pengusahaApakah kita siap sukses menjadi pengusaha??

Apakah kita siap gagal menjadi pengusaha??

Apa yang di persiapkan menghadapi kegagalan?? 

Apa yang harus di persiapkan dalam kesuksesan??

Langkah awal menjadi pengusaha Dan jenis usaha apa yang pas buat kita??

Di artikel ini saya tulis bukan hal yang kira-kira ini saya tulis adalah hal yang nyata saya lakukan,LANGKAHAWAL YANG SAYA LAKUKAN MENCAPAI MENJADI PENGUSAHA adalah

1.KENALI DIRI

Bagaimana kita mau menjadi pengusaha, sementara kita tidak mengenal diri sendiri?

Setujukah anda kalau anda itu cocoknya menjadi pengusaha budidaya iklan sementara anda phobia ikan?



       Kenali diri yang dimaksud adalah bukan melihat data diri atau identitas diri sesuai KTP/ kartu tnda penduduk,yang di maksud dengan kenali diri itu kita molai menggali potensi diri apa yang pertama bias kita lakukan untuk menggapai dalam sebuah usaha.

Contoh : keahlian anda masak maka anda bias molai berfikir usaha kuliner,atau anda adalah seorang yang bisa membuat jus /juice maka anda berfikir cara mendirikan usaha Juice.
Dari sisni maka mindset kita adalah mencoba mengenali diri / potensi diri,karena dengan kita sudah molai mengenal diri maka anda sudah memliki modal awal.

Setelah kita melakukan langkah awal maka kita lanjutkan langkah selanjutnya  adalah

langkah awal menjadi pengusaha2.SEGMENT PASAR

Langkah menjadi pengusaha selanjutnya menentukan segmen pasar.

Setujukah anda kalu segmen pasar menjadi faktor penting dalam suksesnya bisnis??



    Segmen pasar yang akan kita tuju itu siapa?? Dari mana?? Dan dimana??kompetitornya siapa??
Artinya kita harus berfikir segemn pasar yang kita tuju,anak anak kah? Orng tua kah?? Anak muda kah?? Atau ibu ibu kah?? Dan siapa saingan kita??

Dari analisa segment pasar maka kita akan molai befikir tempat yang akan kita dirikan usaha,tidak munkin kan anda jualan Jus di tengah hutan,, :D mungkin di hutan tidak ada pesaing kita tetapi potensi kita berhasil sangat tipis …cckckckkckkkk :D

Karena dari beberapa buku yang telah saya baca lokasi usaha itu sangat penting,maka apabila kita salah memilih tempat usaha,jangan mengeluh apabila usaha kita sepi karena konsumen yang kita inginkan tidak berada di tempat tersebut.

3.MODAL

Setujukah anda kalau modal tidak hanya uang?


    Ini dia kesulitan kita sebagai rakyat jelata untuk MEMOLAISEBUAH USAHA kendala yang sangat berat adalah modal!! MAAAAAA KASIH MODAL DONG.,,,, haha… itu kata kata anak kecil yang lagi ngrengek minta permen,,kalau kita bicara modal kita bisa klasifikasikan modal ada beberapa jenis :

1.Uang  2. Uang 3. Uang… ups ,,,kalau menurut saya ini hal yang keliru untuk memolai sebuah usaha didasari hanya karena uang,karena dengan berfikir menjadi PENGUSAHA itu adalah modal pertama yang sudah anda miliki menjadi pengusaha,,lalu apa uang gak penting!!? Dan apa kita bisa memolai usaha tanpa uang!!!??

Tepat UANG itu sangat penting dalam permodalan usaha,tetapi uang bukan segalanya apabila anda tidak memiliki uang,dan kita juga bisa membangun usaha tanpa uang,artinya kita tidak harus memiliki uang pribadi langsung di kantong…

Ya itu yang saya lakukan,saya membaca buku dan saya coba terapkan,setelah langkah pertama dan kedua sudah saya lakukan.
Jawaban yang kita harapkan dari sebuah pertanyaan – pertanyaan mendirikan usaha adalah kaya gini ..
1.Saya tidak punya uang.. maka “Siapa yang punya Uang??” Anda bisa mencari partner untuk modal uang tersebut,bisa molai pinjam temen,joint,pinjam Bank (hal ini saya lakukan)

2.Saya tidak Memiliki tempat usaha  maka “Siapa yang memiliki tempat usaha” Coba lihat 2 teras rumah teman anda,barang kali memiliki potensi usaha,atau anda bisa sewa kios,atau di tempat anda tinggal sendiri bisa untuk membangun usaha..

3.Saya tidak memiliki kehalian masak,keahlian bengkel dll,artinya anda merasa tidak punya keahlian apa apa walaupun itu kecil kemungkinanya, maka” SIAPA YANG BISA???”  Ya,kalau anda tidak bisa melakukan sendiri anda bisa mencari tenagga ahli yang siap diajak kerja sama..

4.Saya tidak punya apa-apa….”Lah buseetttt “ serius kalau anda berfikir masih demikian berarti anda sebenarnya belum siap menjadi seorang pengusaha dan keberanian anda bukan mental seorang pengusaha
“CARA PALING MUDAH MENJADI SEORANG PENGUSAHA ADALAH MENCONTEK KESUKSESAN SEORANG PENGUSAHA”
Artinya anda bisa mencontek pola / lankah-langkah menjadi pengusaha tetapi anda tidak harus menjadi orang lain ..:

Next Post Previous Post